Multimedia Modul F KP 4: Tata Cahaya
RESUME
MODUL F
KEGIATAN PEMBELAJARAN 4: TATA CAHAYA
1. Konsep tata cahaya
Pencahayaan
merupakan salah satu faktor penting ketika merekam video. Dalam kaitannya
dengan masalah penataan cahaya, satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh juru
kamera adalah penempatan kamera harus sedemikian rupa sehingga kamera
membelakangi pintu atau jendela, karena melalui pintu atau jendela tersebut
cahaya masuk ke dalam ruangan. Melalui penataan cahaya, dapat diciptakan
suasana yang dapat menyentuh emosi penonton.
Tujuan
dari tata cahaya adalah untuk mendapatkan gambar yang menarik dan mendukung
suatu produksi visualisasi dari suatu naskah cerita. Banyak sekali fungsi tata cahaya/lampu tetapi fungsi dasar tata
cahaya/lampu ini ada 4, yaitu penerangan, dimensi, pemilihan, dan atmosfir.
- Penerangan
Inilah fungsi paling mendasar dari tata cahaya. Istilah penerangan dalam
tata cahaya/panggung bukan hanya sekedar memberi efek terang sehingga bisa
dilihat tetapi juga memberi penerangan bagian tertentu dengan intensitas
tertentu.
- Dimensi
Tata cahaya dapat mencitrakan kedalaman sebuah obyek. Dimensi dapat
diciptakan dengan membagi sisi gelap dan terang atas obyek yang disinari
sehingga membantu perspektif tata panggung.
- Pemilihan
Tata cahaya dapat dimanfaatkan untuk menentukan obyek dan area yang
hendak disinari. Pengaturan tata cahaya/lampu ini tidak hanya berpengaruh bagi
perhatian penonton tetapi juga bagi para aktor serta keindahan tata panggung
yang dihadirkan.
- Atmosfir
Fungsi tata cahaya yang paling menarik adalah kemampuannya menghadirkan
suasana yang mempengaruhi emosi penonton. Kata “atmosfir” digunakan untuk
menjelaskan suasana serta emosi yang terkandung dalam pe-ristiwa lakon.
Arah cahaya terhadap obyek harus
diatur sedemikian rupa sehingga memenuhi harapan yang diinginkan dalam proses
produksi. Berikut ini beberapa panduan untuk mengarahkan sumber cahaya:
Ø Menyinari scene sehingga menghasilkan
gambar yang mudah dipahami dan dapat dilihat tanpa menyulitkan mata manusia.
Ø Memberikan penyinaran yang seimbang dari
scene yang satu dengan yang lain, sehingga diperoleh urutan gambar yang sesuai
tone warna yang baik terutama pada wajah artis.
Ø Mendukung suasana realistik (pagi, siang,
malam) maupun dramatic (sedih, gembira, cemas, takut).
Ø Menghasilkan gambar yang menyenangkan
melalui distribusi cahaya dan bayangan secara artistik.
Ø Menciptakan dimensi atau kesan ruang dan
kesan kepaduan bentuk, menghasilkan pemisahan visual antara obyek latar depan
dan belakang.
Ø Menambah keindahan atau kemolekan dari
segi wajah subyek.
2. Prinsip tata cahaya
Dalam
proses produksi video, tata cahaya memegang peranan yang sangat penting, bahkan
yang paling menentukan nilai atau kualitas materi video yang ingin ditampilkan.
Secara umum, dalam tata cahaya dikenal istilah three points lighting, merupakan formula dasar
pencahayaan dalam produksi video. Three
points lighting yaitu key light, fill
light dan back light.
a. Keylight
Key light
adalah cahaya terkuat dan paling penting dari tiga cahaya yang digunakan dalam
teknik ini. Biasanya sinar yang digunakan pada keylight merupakan seberkas sinar dari hard light dan terfokus pada subyek.
b. Fill light
Fill light
digunakan sebagai sumber cahaya sekunder untuk key light dan ditempatkan di sisi berlawanan dari subyek (membentuk
sudut -45o).
c. Back light
Back light
ditempatkan di belakang subyek dan digunakan untuk pencahayaan subyek dari
belakang.
Untuk mendapatkan penyinaran yang
seimbang antara ketiga unsur penyinaran, harus ada perbandingan tertentu antara
key light,
fill light dan
back light.
Perbandingan tersebut adalah 3 untuk back
light, 2 untuk key light dan 1
untuk fill light.
3. Sumber cahaya
a.
Sumber cahaya alam
Sumber
cahaya alam yaitu cahaya matahari yang merupakan bentuk penyinaran terbaik
dalam pengambilan gambar bergerak. Matahari memiliki cahaya yang terang dan
merata, memberikan warna-warna alami dan kedalaman fokus yang mencukupi.
b.
Sumber cahaya buatan
Sumber
cahaya yang digunakan berasal dari cahaya lampu. Yang dimaksud dengan lampu
disini adalah movie lamp (lampu
shooting). Movie lamp harus memancarkan
cahaya pada temperatur warna daylight.
Komentar
Posting Komentar
Jika salah mohon di kritisi.