Pedagogik Modul F KP 2: Peran TIK Dalam Pembelajaran
RESUME MODUL F
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2: PERAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Gambaran pemanfaatan
kecanggihan teknologi informasi adalah untuk meningkatkan kualitas dan
efektivitas pembelajaran.
Pengertian TIK menurut beberapa ahli Teknologi informasi,
diantaranya sebagai berikut.
1. Teknologi
Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk
menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata,
bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
2. Teknologi
Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (software &
hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan
juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
3. Teknologi
Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan
mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Keuntungan pemanfaatan komputer sebagai alat bantu dalam
proses belajar menurut Heinich dkk. (1986): Memungkinkan peserta didik belajar
sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya, dapat melakukan kontrol terhadap
aktivitas belajarnya. Bahkan komputer dapat menciptakan iklim belajar yang
efektif. Bagi peserta didik yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat
memacu efektivitas belajar bagi peserta didik yang lebih cepat (fast learner).
Kewajiban guru memanfaatkan TIK tercermin dalam Permendiknas
Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Standar yang memuat daftar kompetensi pedagogik,
kepribadian, professional dan sosial yang terintegrasi dalam kinerja seorang
pendidik. Ditegaskan dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional
untuk semua kelompok guru (PAUD/TK/RA, SD/MI, Mata pelajaran), tentang
kompetensi memanfaatkan TIK.
Kebijakan pemerintah dalam menerapkan Sistem Pembelajaran
berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
Pendidikan (SNP), membawa implikasi terhadap sistem dan penyelenggaraan pendidikan,
pengembangan dan pelaksanaan kurikulum yang dapat dan memungkinkan peserta
didik proaktif mencari berbagai sumber belajar berbasis teknologi.
Implikasi dari kebijakan pemerintah terhadap pembelajaran
berbasis TIK mengacu pada peraturan pemerintah tersebut menempatkan bahwa ilmu
pengetahuan dan teknologi merupakan satu kelompok mata pelajaran. Hal ini
didukung oleh Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Kerangka Dasar Kurikulum, yang
mengharuskan proses pembelajaran mengarahkan kepada guru untuk mengenal,
menyikapi dan mengapresiasi IPTEK sebagai kebutuhan dalam pemberian pengalaman
belajar.
Berdasarkan peran untuk mewujudkan efektifitas dan optimasi
pembelajaran, maka TIK dapat digunakan sebagai media pembelajaran melalui presentasi
Powerpoint; CD/Multimedia pembelajaran interaktif video pembelajaran internet.
Fungsi TIK sebagai media dalam proses belajar mengajar,
terdiri atas dua bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk lebih
jelasnya gambaran tentang fungsi TIK dalam pembelajaran dapat dilihat sebagai
berikut.
Fungsi perangkat teknologi masukan (input) adalah untuk
penangkap informasi dari sumber, contoh teknologi ini, antara lain barcode
scanner dan keyboard. Fungsi perangkat teknologi keluaran (output), umumnya
informasi ditampilkan pada monitor dan hasil print (hard copy).
Perangkat lunak, memiliki kandungan isi dan infrastruktur
yang fungsinya sebagai alat yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan
(akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.
Teknologi penyimpan menyangkut segala peralatan yang
digunakan untuk menyimpan data. Beberapa penyimpan data adalah hard disk,
disket, flash disk.
Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan
hubungan jarak jauh, contoh Internet dan ATM. Mesin pemroses berfungsi untuk
mengingat data/program danmengeksekusi program ( komponen CPU).
Perangkat teknologi Hardware, terbagi menjadi tiga, yaitu:
(a) Perangkat Keras di luar Casing; (b) Perangkat Keras di dalam Casing, (c).
Perangkat Keras Tambahan, lihat Gambar 3 di bawah ini.
Jenis-jenisnya software: (a) Software Sistem : induk dari
software yang harus ada di dalam komputer, macamnya : Ms DOS; Ms Windows; Linux
(system berbasis Unix); Macintosh. (b) Software Aplikasi : berfungsi untuk
pengolahan data sesuai kebutuhan. contoh : Ms Office dan aplikasi lainnya.
Pemanfaatan TIK di dunia pendidikan melalui berbagai jenis
aplikasi, al: Elearning, Online Courses, Electronic Library, Computer Aided
Instruction (CAI) dan berbagai jenis aplikasi lainnya.
Komentar
Posting Komentar
Jika salah mohon di kritisi.