Pedagogik Modul F KP 2: Peran TIK Dalam Pembelajaran

RESUME MODUL F
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2: PERAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Gambaran pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi adalah untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran.
Pengertian TIK menurut beberapa ahli Teknologi informasi, diantaranya sebagai berikut.
1. Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
2. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
3.  Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Keuntungan pemanfaatan komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar menurut Heinich dkk. (1986): Memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya, dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Bahkan komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif. Bagi peserta didik yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi peserta didik yang lebih cepat (fast learner).
Kewajiban guru memanfaatkan TIK tercermin dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Standar yang memuat daftar kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial yang terintegrasi dalam kinerja seorang pendidik. Ditegaskan dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional untuk semua kelompok guru (PAUD/TK/RA, SD/MI, Mata pelajaran), tentang kompetensi memanfaatkan TIK.
Kebijakan pemerintah dalam menerapkan Sistem Pembelajaran berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), membawa implikasi terhadap sistem dan penyelenggaraan pendidikan, pengembangan dan pelaksanaan kurikulum yang dapat dan memungkinkan peserta didik proaktif mencari berbagai sumber belajar berbasis teknologi.
Implikasi dari kebijakan pemerintah terhadap pembelajaran berbasis TIK mengacu pada peraturan pemerintah tersebut menempatkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan satu kelompok mata pelajaran. Hal ini didukung oleh Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Kerangka Dasar Kurikulum, yang mengharuskan proses pembelajaran mengarahkan kepada guru untuk mengenal, menyikapi dan mengapresiasi IPTEK sebagai kebutuhan dalam pemberian pengalaman belajar.
Berdasarkan peran untuk mewujudkan efektifitas dan optimasi pembelajaran, maka TIK dapat digunakan sebagai media pembelajaran melalui presentasi Powerpoint; CD/Multimedia pembelajaran interaktif video pembelajaran internet.
Fungsi TIK sebagai media dalam proses belajar mengajar, terdiri atas dua bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk lebih jelasnya gambaran tentang fungsi TIK dalam pembelajaran dapat dilihat sebagai berikut.
Fungsi perangkat teknologi masukan (input) adalah untuk penangkap informasi dari sumber, contoh teknologi ini, antara lain barcode scanner dan keyboard. Fungsi perangkat teknologi keluaran (output), umumnya informasi ditampilkan pada monitor dan hasil print (hard copy).
Perangkat lunak, memiliki kandungan isi dan infrastruktur yang fungsinya sebagai alat yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.
Teknologi penyimpan menyangkut segala peralatan yang digunakan untuk menyimpan data. Beberapa penyimpan data adalah hard disk, disket, flash disk.
Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh, contoh Internet dan ATM. Mesin pemroses berfungsi untuk mengingat data/program danmengeksekusi program ( komponen CPU).
Perangkat teknologi Hardware, terbagi menjadi tiga, yaitu: (a) Perangkat Keras di luar Casing; (b) Perangkat Keras di dalam Casing, (c). Perangkat Keras Tambahan, lihat Gambar 3 di bawah ini.
Jenis-jenisnya software: (a) Software Sistem : induk dari software yang harus ada di dalam komputer, macamnya : Ms DOS; Ms Windows; Linux (system berbasis Unix); Macintosh. (b) Software Aplikasi : berfungsi untuk pengolahan data sesuai kebutuhan. contoh : Ms Office dan aplikasi lainnya.
Pemanfaatan TIK di dunia pendidikan melalui berbagai jenis aplikasi, al: Elearning, Online Courses, Electronic Library, Computer Aided Instruction (CAI) dan berbagai jenis aplikasi lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Kebijakan Publik

Prakarya 2: Budi Daya Kelas 8