Pedagogik Modul F KP 6: Mengaplikasikan Pemanfaatan e-Learning

RESUME MODUL F
KEGIATAN PEMBELAJARAN 6: MENGAPLIKASIKAN PEMANFAATAN E-LEARNING

Aplikasi pengelolaan pembelajaran sering juga disebut sebagai Learnin Management System (LMS) yang disebut Moodle. Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning yaitu program komputer yang dibangun untuk melayani pembelajaran berbasis TIK berdasarkan aturan tata kelola yang ditetapkan.
e-learning materi dibuat terorganisir dalam format digital berupa dokumen (doc, pdf, xls, txt, html), presentasi (ppt), gambar (jpg, gif,png), video (mpg, wmv), suara (mp3, au, wav), animasi (swf, gif). Persiapan materi pelajaran pada e-learning menggunakan silabus yang telah dibuat serta memerlukan program mapping. Program mapping ini   bertujuan untuk memudahkan teacher dalam melakukan pengeditan pada course. Program berisikan data tentang pelajaran yang akan disajikan mengenai nama mata pelajaran,semester, guru, deskripsi, tujuan pembelajaran dan lainnya. Berikut adalah contoh program mapping yang harus dipersiapkan.
Program mapping berisikan materi-materi yang akan disajikan pada course berupa file digital yang telah dibuat sebelumnya, termasuk soal-soal dalam ujian. Jumlah topik dapat ditambahkan sesuai dengan jumlah pertemuan yang direncanakan dalam satu semester.
Pengiriman tugas melalui Moodle lebih mudah dikelola dibandingkan melalui e-mail. Tidak seperti email, dengan Moodle siswa dapat mengetahui status pengiriman filenya sehingga mencegah pengiriman berulang. Guru juga dapat menilai dan memberikan komentar yang dapat dibaca langsung oleh siswa.

Adapun panduan penggunaan program e-learning sebagai berikut: 
a. Aktivitas utama fasilitas e-learning
b. Login (Masuk)
    Klik link “Login” di sudut kanan atas halaman pertama e-learning
c. Halaman utama akan tampil berisikan daftar mata pelajaran (course) sesuai dengan kelas Anda ikuti saat ini.
d. Untuk merubah Profil dan Password, Anda harus Login dahulu, sorot Nama Anda yang ada dipojok kanan atas, klik Preferensi:
e. Maka Anda menuju halaman Preferensi Anda 
f.  Berikut adalah untuk ubah password
g. Jangan lupa klik tombol SIMPAN PERUBAHAN setelah mengganti password, jika ingin membatalkan klik tombol BATAL.
h.  Untuk melihat topic pelajaran
     Klik “Kursus Yang Saya Ikuti” pada bagian navigasi sebelah kiri, kemudian klik sub menu di bawahnya.
i.  Tampilan daftar topik untuk mata pelajaran yang Anda pilih akan muncul. Perhatikan bahwa di bawah setiap judul topik, Anda akan melihat nama file materi untuk topik tersebut.
j.  Cara mendownload materi, klik nama file materi yang ingin Anda download.
k. Akan muncul kotak dialog. Anda dapat mengklik “Open” atau “Buka” untuk langsung membuka file materi tetapi sangat disarankan Anda mengklik “Save” atau “Simpan Berkas” untuk menyimpan terlebih dahulu file materi tersebut di hard disk PC/laptop atau flash disk kamu.
l.  Cara mengirim tugas, klik nama dari tugas yang dimiliki sebuah topik pelajaran.
m. Pada halaman berikutnya akan muncul pertanyaan tugas dan kolom untuk mengirim file jawaban. Klik        “TAMBAHKAN PENGAJUAN (TUGAS/LAPORAN)”, pilih file, lalu klik “SIMPAN PERUBAHAN”.
n.  Pada halaman berikut terlihat nama file yang telah berhasil dikirim.
o.  Cara Mengerjakan Kuis/Tes, klik nama kuis/tes yang telah tersedia, adalah :
p. Pada halaman berikutnya Anda akan melihat kuis/tes, untuk memulai kuis baca dahulu peraturan pada kuis tersebut. Setelah dibaca dan dipahami dengan baik silahkan kerjakan kuis/tes dengan klik tombol “MENCOBA KUIS SEKARANG”. Kemudian akan ada konfirmasi untuk memulai kuis klik tombol “START ATTEMPT”.
q. Tampilan kuis/tes, klik tombol “SELANJUTNYA”, untuk soal berikutnya
r. Jika kuis/tes telah dijawab semua, kemudian klik “SUBMIT ALL AND FINISH”, atau mengecek kembali jawaban dengan cara klik tombol “RETURN TO ATTEMPT”.

s. Cara Melihat Nilai klik link “Administrasi kursus”, kemudian klik link “Nilai” maka akan tampil form nilai dari beberapa tugas atau kuis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe-Tipe Kebijakan Publik

Prakarya 2: Budi Daya Kelas 8